Pokok-Pokok Pikiran Pendidikan Karakter

Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter ?
Pendidikan karakter menekankan dimensi etis-spiritual dalam proses pembentukan pribadi (FW Foerster 1869-1966). Pendidikan karakter merupakan reaksi atas kejumudan pedagogi natural Rousseauian dan instrumentalisme padagogis Deweyan. Pendidikan karakter merupakan upaya menghidupkan kembali pedagogi ideal spiritual yang sempat hilang diterjang oleh gelombang positivisme ala Comte.

Pendidikan karakter, manusia mempercayakan dirinya pada dunia nilai yang merupakan kekuatan penggerak perubahan sejarah. Kemampuan membentuk diri dan mengaktualisasikan nilai-nilai etis merupakan ciri hakiki manusia dan oleh karenanya mereka pun menjadi agen perubahan sejarah.

Fenomena pendidikan nasional cenderung lebih menonjolkan pembentukan kecerdasan berfikir dan menepikan penempatan kecerdasan rasa, kecerdasan budi. Dampaknya lahirlah manusia berotak pintar, berprestasi secara kuantitatif akademik, namun tidak ada/kurang kecerdasan budi dan kemandirian.

Selengkapnya